Training : BASIC ISO 14001 : 2004 Environment Management System Awareness

LATAR BELAKANG

Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 : 2004 merupakan sebuah standar internasional yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan untuk membantu organisasi meminimalkan pengaruh negatif kegiatan operasional mereka terhadap lingkungan yang mencakup udara, air, suara, atau tanah.

Sistem Manajemen Lingkungan merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan. Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah.

Tujuan secara menyeluruh dari penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) ISO 14001 sebagai standar internasional yaitu untuk mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran yang seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi. Manajemen lingkungan mencakup suatu rentang isu yang lengkap meliputi hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan kompetisi. Penerapan ISO 14001 juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat yang penting yaitu meningkatkan kinerja lingkungan, mengurangi biaya dan meningkatkan akses pasar.

TUJUAN

  • Diharapkan peserta dapat memahami pengertian dasar lingkungan, isu-isu mengenai lingkungan baik domestik maupun global dan tragedi lingkungan yang terjadi akibat perilaku yang tidak bijak

  • Peserta memahami pengelolaan lingkungan berdasarkan ISO 14001:2004

  • Peserta memahami Konsep Manajemen Lingkungan

  • Peserta dapat memahami tentang Peraturan Perundangan dan Persyaratan lainnya terkait pengelolaan Lingkungan

  • Memahami konsep Produk Ramah Lingkungan 

MATERI

  1. Sistem manajemen lingkungan: Pendahuluan dan pengertian umum; issue-issue tentang lingkungan.

  2. ISO 14001:  Garis besar persyaratan, maksud dan tujuan

  3. Garis besar persyaratan-persyaratan legal tentang lingkungan.

  4. Analisa kinerja lingkungan saat ini.

  5. Perencanaan, menyusun kebijakan, pembentukan team.

  6. Menyusun prosedur awal pengendalian dokumen dan catatan.

  7. Identifikasi dan evaluasi aspek dan dampak lingkungan; pengertian aspek dan dampak, berbagai jenis aspek lingkungan, teknik identifikasi aspek, teknik evaluasi dampak lingkungan.

  8. Menentukan kontrol operasional lingkungan; menghilangkan aspek lingkungan, mengurangi aspek lingkungan, mengurangi dampak lingkungan.

  9. Penyusunan sasaran, target dan program kerja.

  10. Pengaturan proses-proses dalam sistem manajemen lingkungan

  11. Penerapan sistem; Bagaimana memberikan pelatihan, membangun kesadaran, konsultasi dan pemantauan.

  12. Evaluasi kinerja sistem

  13. Integrasi sistem manajemen lingkungan dengan sistem manajemen lain.

PESERTA

Semua yang bertanggungjawab dalam proses implementasi Sistem Manajemen Lingkungan, termasuk di dalamnya Environmental Coordinator / EMS Management Representatives, Environmental Engineers dan Manager, serta HSE, QA, HRD, Training & Development

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch

2 X Coffee Break

Souvenir