Strategy Developing Key Performance Indicator

Key Performance Indicator (Indikator Kinerja Utama) merupakan suatu gambaran tentang kinerja berupa penilaian terhadap karyawan untuk mengetahui kinerja yang telah dilakukan dan memberikan gambaran atas rencana pengembangan atau pelatihan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kinerja yang dirasakan perlu untuk dikembangkan, sehingga usaha untuk mengembangkan kinerja karyawan dapat lebih terfokus pada hal-hal yang perlu dilakukan pengembangan dan juga merupakan alat untuk memberikan pengakuan atas prestasi yang melebihi standard penilaian.

Overview

Organisasi yang memiliki tujuan dalam meningkatkan keuntungan akan membutuhkan Key Performance Indicator (KPI) dalam mengukur keuntungan keuangan dan implementasi semua kebijakan yang terkait, seperti “Laba sebelum pajak” dan “Ekuitas Pemegang Saham”.

KPI akan membantu organisasi dalam mendefinisikan dan mengukur kemajuan tujuan organisasi, setelah melakukan analisa atas misi, serta mengidentifikasi kepentingan pemegang jabatan, serta mendefinisikan tujuan yang akan dicapai, melalui strategi pengukuran kemajuan tersebut.

Understanding

Key Performance Indicator (KPI) adalah suatu jenis alat untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja, dimana KPI berisikan tentang penilaian keberhasilan suatu organisasi atau kegiatan tertentu di mana melibatkan karyawan dan organisasi, yang seringkali dilakukan pengulangan pada suatu periode tertentu pada beberapa tingkatan tujuan operasional tetapi terkadang keberhasilan didefinisikan untuk membuat kemajuan tujuan strategis, sehingga penentuan atau pembuatan KPI yang tepat tergantung pada pemahaman yang baik tentang apa yang penting bagi organisasi, yang biasanya dilimpahkan kepada departemen pengukuran kinerja.

Objective

  1. Dapat menentukan tujuan strategis sesuai dengan misi dan visi organisasi
  2. Dapat menentukan elemen atau factor yang akan dijadikan sebagai acuan dalam penilaian
  3. Dapat mengukur pertumbuhan kemajuan yang dicapai baik secara financial maupun non-financial
  4. Dapat menentukan sasaran pengembangan yang tepat
  5. Dapat dijadikan sebaagai analisa kebutuhan training (training need analysis)

Outline

  1. Pengertian KPI dalam teori dan praktek bisnis
  2. Elemen atau unsure yang dijadikan dasar untuk menentukan KPI
  3. Strategy (proses) melakukan penilaian
  4. Mengukur pertumbuhan kinerja secara financial dan non-financial
  5. Mengukur kemajuan kinerja bulanan dan tri-wulanan
  6. Mengukur pertumbuhan kemajuan strategi perusahaan/organisasi
  7. Membuat informasi tenaga kerja
  8. Mengukur pertumbuhan professional karyawan
  9. Strategy implementasi penilaian kinerja terhadap kebutuhan training

Peserta yang harus hadir

  1. Para Supervisor
  2. Para Leader
  3. Para Manajer
  4. Para Direktur
  5. Setiap orang yang ingin mengetahui strategi membangun KPI

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITY

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • Training Kit
  • Souvenir
  • Dinner / City tour (Merapi Offroad/Prambanan/Borobudur/Wonosari Beach..etc) Pilih salah satu.
  • Pick up dari bandara jika mengirimkan minimal 3 orang

Jadwal Training 2015

05 – 07 Januari 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
15 – 17 Februari 2015, New Saphir Hotel, Yogyakarta
04 – 06 Maret 2015, Ibis Style Hotel, Yogyakarta
06 – 08 April 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
11 – 13 Mei 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
22 – 24 Juni 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
13 – 15 Juli, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
04 – 06 Agustus 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
07 – 09 September 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
05 – 07 Oktober 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
16 – 18 November 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
14 – 16 Desember 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta