Developing Value for Your Department/Division

Latar Belakang

Apakah tim anda (Divisi/Departemen) yang merupakan bagian dari perusahaan tidak atau kurang dihargai oleh tim (Divisi/Departemen) lain?

Salah satu factor menurunnya kinerja perusahaan adalah tidak dihargainya satu atau beberapa Divisi/Departemen oleh Divisi/Departemen lainnya yang berada di dalam satu perusahaan atau tidak adanya value organisasi (Divisi/Departemen) tersebut dimata organisasi (Divisi/Departemen) lainnya, sehingga kinerja tim (cross function organisasi) tidak mencapai titik yang maksimal dan penyelesaian tugas dan tanggung jawab organisasi menjadi tidak efisien dan efektif.

Overview

Tidak adanya nilai (value) bagi organisasi merupakan akibat dari kinerja tim di dalam organisasi (perusahaan) tidak efisien dan efektif, karena nilai (value) yang tercipta tidak dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi keberhasilan kinerja bagi tim atau bagian organisasi lain yang merupakan satu kesatuan dalam mencapai tujuan strategis perusahaan.

Untuk mendapatkan nilai (value) bagi tim atau bagian organisasi, maka kinerja tim harus dapat memberikan value (nilai) yang berarti bagi keberhasilan kinerja tim atau bagian organisasi lainnya, sehingga visi, misi dan obyektifitas organisasi keseluruhan dapat mencapai tujuan strategis.

Understanding

Nilai organisasi (organization value) adalah filosofi operasi atau prinsip-prinsip yang memandu perilaku internal organisasi serta budaya untuk berhubungan dengan pelanggan, mitra, dan pemegang saham, dan dinyatakan di dalam suatu misi perusahaan yang berasal dari nilai-nilai inti (core values).

Nilai-nilai inti (core values) dari organisasi adalah bagaimana nilai tim di tempat kerja dapat mendukung tim lainnya, mengapa nilai ditempat kerja semakin penting, mengapa suatu nilai merupakan budaya yang mendasar bagi organisasi dan apa saja yang bisa menjadikan suatu nilai.

Highlight Program

  1. Team Work
  2. Honesty
  3. Excellent
  4. Commitment
  5. Ownership
  6. Customer Services
  7. Professionalism
  8. Personal Development

Sasaran Program

  1. Menciptakan kerja sama tim dalam mencapai tujuan bersama yang selaras dengan tujuan strategis perusahaan
  2. Membangun tim untuk bisa bekerja sama dan memanfaatkan keunggulan (nilai positif) dan menghilangkan hambatan (nilai negative) anggota tim
  3. Menghasilkan kinerja organisasi yang maksimal melalui kerjasama diantara anggota tim dan antar organisasi
  4. Meningkatkan nilai efisiensi dan efektifitas kinerja organisasi yang maksimal
  5. Membangun excellent corporate culture melalui nilai-nilai di dalam organisasi yang efektif dan efisien
  6. Pengembangan individu dan tim berdasarkan nilai-nilai professionalism
  7. Menciptakan komitmen yang tinggi dan rasa memiliki
  8. Terpenuhinya kepuasan pelanggan sebagai dasar pertumbuhan kinerja organisasi yang berkesinambungan

Strategi program

  1. Tutor untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang teori yang dipergunakan dan melakukan umpan balik untuk mengatasi dalam menggunakan teori dan teknik praktek terbaik
  2. Penugasan individu dan kelompok, untuk memberikan latihan dalam mengimplementasikan pemahaman teori yang diperoleh dari Tutor dan Tanya jawab.
  3. Diskusi antar kelompok untuk mendapatkan pengalaman dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi, dan mengimplementasikan teori untuk praktek terbaik pada budaya di dalam lingkungan kerja
  4. Memberikan panduan melalui transformasi pengalaman Fasilitator dalam melakukan latihan individu dan diskusi kelompok, sehingga diperoleh pengetahuan dan pengalaman yang selaras untuk diterapkan di dalam lingkungan kerja
  5. Melakukan pengukuran keberhasilan penerapan strategi berdasarkan teori dan praktek terbaik sesuai dengan budaya dan tujuan strategis organisasi

Outline Program

  1. Pengenalan Value : Pengertian, peranan dan arti penting
  2. Aneka Value dalam organisasi
  3. Value in transition
  4. Value ditempat kerja
  5. Alasan value menjadi semakin penting
  6. Team Work, Honesty, Excellent and Commitment
  7. Ownership, Recognition and Customer Services
  8. Professionalism, and Personal Development
  9. Measuring and Assessment

Durasi Program : 3 (tiga) hari atau 24 (dua puluh empat) jam

Peserta yang harus hadir

  1. Supervisor dan Leader
  2. Manager
  3. General Manager dan Vice Director
  4. Setiap orang yang ingin mengetahui strategi membangun nilai bagi organisasi

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITY

  • Module / Handout
  • Sertifikat
  • Training Kit
  • Souvenir
  • Dinner / City tour (Merapi Offroad/Prambanan/Borobudur/Wonosari Beach..etc) Pilih salah satu.
  • Pick up dari bandara jika mengirimkan minimal 3 orang

Jadwal Training 2015

05 – 07 Januari 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
15 – 17 Februari 2015, New Saphir Hotel, Yogyakarta
04 – 06 Maret 2015, Ibis Style Hotel, Yogyakarta
06 – 08 April 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
11 – 13 Mei 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
22 – 24 Juni 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
13 – 15 Juli, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
04 – 06 Agustus 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
07 – 09 September 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
05 – 07 Oktober 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
16 – 18 November 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta
14 – 16 Desember 2015, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta